Oleh: l@6.com | Juni 7, 2010

TIPS PACARAN SEHAT


Pacaran merupakan trend yang terjadi pada remaja maupun seseorang  yang belum menikah. Setiap proses dalam pacaran pasti ada efeknya terhadap kehidupan kita bisa positif namun tak jarang justru berdampak negative, semua tergantung dari kita yang menjalaninya.

Pacaran sih boleh saja, tapi harus tetap mengerti batasannya, apa yang boleh dan apa yang dilarang. Karenanya pacaran sehat harus menjadi pilihan setiap pasangan bila tidak mau kena akibatnya, nah…berikut ini yang harus diketahui dari pacaran sehat :

Sehat Fisik

Dalam menjalin hubungan / pacaran setiap pasangan harus dapat saling menjaga dan melindungi, karena itu setiap pasangan tidak dibenarkan saling menyakiti apalagi terjadi kekerasan dalam hubungan itu. hmm,,,harus tetap diingat walaupun sedang emosi dan apapun alasannya bila sedang berbeda pendapat ataupun berselisih tetap tidak boleh saling memukul, menendang apalagi membunuh.

sehat secara fisik dapat juga diartikan jika kita dapat menjalani hubungan tanpa menyakiti pasangan, kita  berhak menolak jika pasangan  meminta dan memaksa untuk dicium atau bahkan merayu untuk melakukan hubungan seks. kita juga harus tahu kapan saatnya membela diri jika ternyata pasangan kita termasuk golongan yang ringan tangan alias tukang pukul…

Sehat Emosional

Biasanya alasan pasangan untuk berpacaran/ menjalin hubungan khusus adalah untuk mencari kebahagiaan, karena itu hubungan yang berlangsung itu harus terjalin dengan kerjasama dari kedua pihak agar timbul rasa nyaman, saling pengertian dan keterbukaan….

Jangan pernah ragu untuk mengungkapkan pendapat kamu pada pasangang dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengungkapkan dan mengendalikan emosi dengan baik, karena bentuk dari kekerasan tidak hanya berupa secara fisik tapi juga secara psikis/ emosional yang ternyata sering terjadi tanpa kita sadari seperti : menghina, memaki, membentak.

Sehat Sosial

Kata orang kalau lagi pacaran dunia seakan milik berdua..makan berdua,,, pergi berdua,,, semuanya memang terkesan indah tapi ternyata pacaran yang sehat itu adalah pacaran yang tidak terlalu mengikat, artinya walaupun kita pacaran tapi hubungan social kita dengan yang lain (keluarga, teman, sahabat dsb) harus tetap terjaga, kalau dari pagi, siang, sore sampai malam kita selalu bersama si dia akibatnya kita tidak akan bias bergaul dengan yang lain, jauh dengan keluarga dan bahkan kita akan merasa asing dengan lingkungan sendiri.

selain itu kita sering dengar istilah “backstreet”, keadaan ini tentu membuat kita yang menjalani tidak nyaman, adanya perasaan tertekan, sedih, keadaan ini sudah jauh dari sehat karenanya jika kita menjalin sebuah hubungan kita harus mengenalkan pasangan dengan orangtua, sebisa mungkin kita harus menghindari backstreet, karena dengan membuka diri pada ortu tentang hubungan yang tengah kita jalani sekarang akan membuat ortu lebih percaya dan dalam menjalani hubungan akan lebih mudah karena tidak akan main “petak umpet” dengan ortu.

Sehat Seksual

Secara biologis remaja ataupun seseorang telah mengalami perkembangan dan kematangan seks, tanpa disadari pacaran juga mempengaruhi kehidupan seksual seseorang.

Banyak cara untuk mengungkapkan perasaan cinta kita pada pasangan, karenanya amat disayangkan bila “kontak fisik” merupakan satu-satunya cara untuk membuktikan rasa cinta. aktifitas seksual pada remaja atau pasangan dengan status pacaran merupakan hal yang beresiko karena dapat menyebabkan kehamilan tidak diinginkan, aborsi, penyakit menular seksual dsb.

Hal ini memerlukan komitmen yang kuat pada pasangan untuk melakukan semua itu “tepat pada waktunya” sehingga hubungan yang terjalin bukan merupakan ancaman bagi pasangan untuk kehidupannya mendatang. kalau dipikir lebih dalam lagi pada dasarnya kita berpacaran itu apa sih ? cinta kan ? tapi kalau melakukan satu perbuatan yang saling menjerumuskan satu sama lain, apa juga bias disebut “DIDASARKAN CINTA ?” no guys, cinta sejati tidak akan saling menjerumuskan…

sumber:http://ayuanggaritno.multiply.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: