Sejarah Tamtama

Sejarah

Pendirian dan Perkembangan

Semula pendidikan Tamtama didirikan atau diprakarsai oleh Bapak Muhammad Tambeh (almarhum), mantan anggota Tentara Pelajar (TP) Detasemen III Yogyakarta Begade 17. Bersama dengan teman mantan Tentara Pelajar yang lain, belian membentuk Badan Usaha Pendidikan Tamtama yang berdiri pada tanggal 17 Agustus 1954. Kemudian badan usaha tersebut disempurnakan lagi dengan wadah sebuah Yayasan (Badan Hukum) di bawah Akte Notaris R.M. Wiranto, Yogyakarta No. 18 tanggal 16 Maret 1959 dan bernama : YAYASAN PENDIDIKAN TAMTAMA.

Bapak Muhammad Tambeh menjadi Ketua Umum Yayasan Pendidikan Tamtama yang pertama, selaku salah satu pendiri utama, sebagai badan yang melahirkan pendidikan ini beliau telah berjasa, yang telah wafat pada tanggal 14  September 1981 jam 13.00 WIB.

Cita-cita beliau yang kini telah terbukti, menghasilkan sekolah-sekolah dan lain sebagainya. Hal ini telah berlangsung selama 27 tahun dan berkembang sampai sekarang. Oleh karena itu cita-citanya dipertahankan dan terus ditingkatkan sepanjang masa dan dapat digunakan sebagai monumen hidup dari para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (Usaha Veteran PKRI).

Setelah meninggalnya Bapak Muhammad Tambeh sebagai ketua umum Yayasan RML Soemartono, penasehat aktif dan efektif Yayasan Pendidikan Tamtama, mantan Ketua DPR kotamadya Yogyakarta, untuk menjabat sebagai penggantinya ketua umum dengan surat keputusan  Dewan Pimpinan Pusat Pendidikan Tamtama No. 20/SK/DH/IX/81 tanggal 17 September 1981. Berdasarkan Akta Notaris Daliso Rudianto SH Yogyakarta No. 9 tanggal 4 April 1983 dan dengan surat keputusan DPP YPT.

Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Yayasan Pendidikan Tamtama sebagai berikut :

Ketua Umum                 :   R.M.L Soemartono

Ketua I                           :   Santoso Wongso Santika

Ketua II                         :   Sakijan Hadi Pranoto

Sekretaris Umum           :   Soepardjo Hadi Santoso

Sekretaris                       :   R.M. Setyo Hardjo SH

Bendahara Umum          :   Subandi BA

Bendahara                      :   Nyonya Soendari Tambeh

Seksi Pendidikan           :   Soewandi, B.Sc

Seksi Organisasi             :   N. Gatimin Karno Suparto, BA.

Seksi Organisasi             :   R. Soewarto

Seksi Usaha                    :   Petrus N. Kasidi BA

Pembantu Umum           :   Khasan Suparso

Asas, Maksud dan Tujuan Yayasan Pendidikan Tamtama

Pelaksanaan dari cita-cita Yayasan Pendidikan Tamtama yang bersumber pada Proklamasi 45 dan Pancasila serta berlandaskan pada isi dan jiwa kebersamaan. Kegotong royongan kekeluargaan, kemerdekaan dan kepamongan serta semangat toleransi, perdamaian, amal dan sosial, maka maksud dan tujuan Yayasan adalah “memberitahukan pendidikan dan pengajaran kepada putra bangsa Indonesia untuk menjadi warga negara yang susila, cakap sukses bekerja dan beramal, mengabdi dan bertanggungjawab kepada negara, bangsa dan kemanusiaan “ (Pasal 3 Akta Notaris Kardjono Adhi Yogyakarta No. 2 Tahun 1970)”.

Tujuan pendidikan adalah membangun anak didik menjadi manusia yang taqwa, berbudi luhur, serta sehat jasmani untuk menjadi masyarakat yang berguna dan bertanggungjawab atas kesejahteraan bangsa, tanah air serta umat manusia.

Dasar Proyeksi Kedepan

Yayasan Pendidikan Tamtama dalam rangka pengembangannya melakukan strategi dasar, dengan bentuk-bentuk sebagai berikut :

DASAR PENDIDIKAN TAMTAMA ADALAH PANCASILA
(Demikian pendidikan Nasional Indonesia berdasarkan Pancasila menurut UU No. 4 tahun 1950, UU No. 12 Tahun 1954 dan GBHN dan seterusnya).

Sejak semula Yayasan Pendidikan Tamtama atas dasar Pancasila tersebut, Tamtama masih ditambah kekhususannya lagi dengan bercirikan PANCALOGI dengan segala manifestasinya sebagaimana pula yang tersurat dan tersirat dalam “LAMBANG dan MARS TAMTAMA beserta dengan DASA JANJI PUTRA TAMTAMA dan PANCAMARGA kode kehormatan Veteran”, kesemuanya tidak ada perbedaan yang controvensial, tetapi didalam pelaksanaan dan pengembangan Pendidikan Tamtama dapat akan saling mengisi dan dapat saling menyempurnakan.

Struktur Organisasi

Visi dan Misi

Visi

Sebagai lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dan berupaya menjadikan SMK sebagai lingkungan pendidikan yang berwawasan keunggulan, bisnis, taqwa, cerdas, terampil, mandiri, kreatif, inofatif, produktif serta memenuhi dunia kebutuhan baik dalam industri maupun pembangunan.

Misi

  1. Menghasilkan tamatan untuk mengisi keperluan indutrialisasi dan pembangunan.
  2. Menghasikan tamatan yang mampu menjadi faktor keunggulan industri menghadapi persaingan global.
  3. Menghasikan tamatan yang memiliki bekal keahlian sehingga mampu merubah diri siswa dari status beban menjadi warga bangsa yang produktif.
  4. Menghasilkan tamatan yang memiliki bekal dasar yang kuat untuk mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: